post image
KOMENTAR

Barangkali salah satu persaingan terlama di pasar penerbangan adalah persaingan antara dua raksasa manufaktur pesawat Airbus dan Boeing. Selama bertahun-tahun, kedua perusahaan saling berhadapan, mencoba mengakali yang lain dan mengambil alih pasar yang menguntungkan.

Setelah selama bertahun-tahun produsen pesawat tertua di dunia Boeing berada di puncak, pada tahun 2019 Airbus menggantikan sebagai perusahaan kedirgantaraan terbesar berdasarkan pendapatan.

Tapi bagaimana dengan kinerja mereka untuk pesawat jenis kargo?

Dalam laporan AeroTime, disebutkan bahwa saat ini, Airbus A321 dan Boeing 757 bersaing memperebutkan gelar juara pesawat kelas menengah. Juga disebutkan, meski unggul di banyak bidang, Airbus A321 tidak bisa mengalahkan Boeing 757 dalam satu bidang, yakni pesawat kargo.

Namun situasi mulai berubah sejak 2015 lalu, ketika pabrikan Eropa mengumumkan program konversi  model A320 dan A321, menjadikannya kandidat ideal untuk menggantikan 757 kapal angkut yang menua.

“Ada banyak keunggulan pesawat Airbus A321, terutama di bidang kargo,” kata Zygimantas Surintas, CEO Smartlynx, perusahaan Aircraft, Crew, Maintenance, and Insurance (ACMI) yang berbasis di Latvia.

“Saat ini kami memiliki dua pesawat yang melalui program konversi dan pada tahun 2023 kami berencana untuk menambah delapan pesawat lagi untuk operasi pengangkutan kami,” sambungnya.

Menurut  Zygimantas Surintas, keunggulan utama adalah konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dan biaya operasional yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Boeing 757.

“Pembakaran bahan bakar pesawat A321 adalah yang terendah di kelasnya – sangat besar 20% lebih rendah dari model 757 dan biaya pengoperasian langsung secara signifikan. lebih rendah. Ini adalah angka-angka kunci yang memungkinkan perusahaan untuk menghemat jumlah besar.”

Konsumsi bahan bakar yang jauh lebih rendah tidak hanya hemat biaya tetapi juga ramah lingkungan. Karena A321 membakar lebih sedikit bahan bakar, emisi juga diturunkan.

“Perusahaan terus mencari kemungkinan untuk mengurangi jejak karbon mereka dan berinvestasi dalam inisiatif hijau”, kata CEO Smartlynx.

“Banyak yang berpikir untuk mengganti pesawat lama mereka yang berpolusi dengan model yang lebih baru dan lebih efisien,“ tambahnya.

A320/A321P2F adalah satu-satunya Freighter Lorong Tunggal yang menampung kontainer atau palet di kedua dek, memungkinkan volume yang lebih dapat digunakan, peningkatan kemampuan muatan, kemampuan interlining yang lebih baik, dan waktu penyelesaian, serta lebih banyak fleksibilitas.

Pesawat A321 memungkinkan membawa hewan hidup, mobil, mesin pesawat, dll. yang sebelumnya hanya diangkut melalui pesawat berbadan lebar.

Kesamaan yang luas dari pesawat A321 berarti bahwa terdapat banyak staf berkualifikasi yang sangat penting dalam operasi kargo ACMI.

“Ada banyak spesialis hebat yang sangat akrab dengan pesawat A321, yang mampu bekerja atau mendukung operasinya. Sinergi dengan bisnis ACMI yang ada memungkinkan kelancaran integrasi bisnis ACMI kargo,” demikian Zygimantas Surintas.


Yusron Ihza: Pengurangan Bandara Internasional Ganggu Sektor Pariwisata

Sebelumnya

Pungutan Iuran Dana Pariwisata Ditolak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews