post image
KOMENTAR

Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk mantan wakil perdana menteri Yury Borisov sebagai direktur baru Roscosmos. Sementara Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Rusia itu, dikabarkan akan dipindahkan ke posisi pemerintah berstatus tinggi lainnya.

Keputusan itu ditandatangani Putin pada sore hari tanggal 15 Juli 2022.

Desas-desus tentang perombakan posisi tinggi pemerintahan Putin dan penurunan pangkat Borisov telah beredar untuk sementara waktu. Pada 12 Juli 2022, situs berita Rusia RBK melaporkan bahwa menurut sumber anonim di dalam pemerintahan, Borisov dijadwalkan akan digantikan oleh Denis Manturov, Menteri Perindustrian dan Perdagangan.

Borisov menjadi Wakil Perdana Menteri untuk Industri Pertahanan dan Luar Angkasa pada 2018, menggantikan Rogozin. Sebelumnya Borisov bekerja sebagai Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan serta Wakil Menteri Pertahanan.

Menurut beberapa ahli, yang dikutip oleh surat kabar Rusia Business Online, transfer Borisov dapat menjadi hasil dari banyak masalah yang dihadapi militer Rusia sejak dimulainya invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022.

Manturov mungkin dianggap sebagai pengganti yang lebih kompeten untuknya, kata seorang ahli. Selain itu, pekerjaan Rogozin di Roscosmos telah banyak dikritik, dan sekarang posisi yang lebih baik dalam pemerintahan mungkin telah ditemukan untuknya, tambah pakar lain.

Kritik terhadap Rogozin berpusat pada fakta bahwa ia tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan industri luar angkasa dan telah ditetapkan sebagai persona-non-grata oleh banyak negara Barat yang bermitra dengan Roscosmos.

Rogozin juga menuai kontroversi karena pernyataannya yang kategoris dan bermusuhan sehubungan dengan badan antariksa dan negara-negara Barat, serta kesukaannya berdebat dan menghina berbagai selebriti di media sosial.


Yusron Ihza: Pengurangan Bandara Internasional Ganggu Sektor Pariwisata

Sebelumnya

Pungutan Iuran Dana Pariwisata Ditolak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews