post image
The Sentinel-1B satellite (ESA - P. Carril)
KOMENTAR

Clement Charpentreau, AeroTime

MILITERISASI ruang angkasa, yang dihentikan sementara setelah berakhirnya Perang Dingin, sekali lagi menjadi bahan perdebatan. Dalam lingkungan yang semakin diperebutkan, dan pada saat operasi militer dan sipil semakin bergantung pada kemampuan luar angkasa, kekuatan global mempersenjatai diri dan menunjukkan bahwa orbit Bumi bisa menjadi medan perang berikutnya.

Hegemoni barat di luar angkasa akibat runtuhnya Uni Soviet semakin ditantang. Pada April 2021, Kantor Direktur Intelijen Nasional AS mengeluarkan peringatan bahwa China sedang mengembangkan beberapa senjata yang mampu menargetkan satelit yang dioperasikan oleh AS dan sekutunya.

“Beijing bekerja untuk menyamai atau melampaui kemampuan AS di luar angkasa untuk mendapatkan manfaat militer, ekonomi, dan prestise yang diperoleh Washington dari kepemimpinan luar angkasa,” kata laporan itu.

“Operasi counterspace akan menjadi bagian integral dari kampanye militer potensial oleh PLA [Tentara Pembebasan Rakyat, militer China - red. note], dan China memiliki kemampuan senjata kontra-ruang angkasa yang ditujukan untuk menargetkan satelit AS dan sekutu.”

Pada November 2021, penghancuran satelit Soviet yang tidak aktif oleh Rusia membuat NASA khawatir dan mengirim awak Stasiun Luar Angkasa Internasional bergegas ke tempat yang aman.

“Rusia, terlepas dari klaimnya menentang persenjataan luar angkasa, bersedia membahayakan keberlanjutan jangka panjang luar angkasa dan membahayakan eksplorasi dan penggunaan luar angkasa oleh semua negara melalui perilakunya yang sembrono dan tidak bertanggung jawab,” Menlu Amerika Serikat Antony Blinken bereaksi dalam sebuah pernyataan pers.

Dalam konteks ini, Presiden AS Donald Trump menandatangani Arahan Kebijakan Luar Angkasa 4 pada tahun 2019, menetapkan Angkatan Luar Angkasa sebagai cabang keenam dari Angkatan Bersenjata AS untuk melawan kemampuan luar angkasa dari “musuh potensialnya”.

Tapi bagaimana dengan Uni Eropa? Jika negara-negara di benua lama akan membentuk kekuatan antariksa bersama dalam waktu dekat, bagaimana cara melawan para pesaingnya? AeroTime menyelidiki.

Program Luar Angkasa Uni Eropa

Ditetapkan pada tahun 2018 untuk periode 2021-2027, Program Luar Angkasa Uni Eropa mengklarifikasi tiga misi utamanya seperti: observasi Bumi, navigasi, dan komunikasi yang aman. Untuk mencapai hal ini, Badan Antariksa Eropa (ESA) dan negara-negara anggota UE mengandalkan beberapa komponen.

Pengamatan bumi

Diluncurkan pada tahun 1998, program Pemantauan Lingkungan dan Keamanan Global, sejak berganti nama menjadi Copernicus, bertujuan untuk menyelaraskan pengumpulan dan ketersediaan data lingkungan dan keamanan untuk mendukung kebijakan Uni Eropa.

Sistem ini mengelompokkan kembali berbagai konstelasi satelit observasi dari ESA dan badan antariksa nasional, dan satelit Sentinel yang sengaja diluncurkan. Generasi pertama Sentinel terdiri dari enam jenis pesawat ruang angkasa yang berbeda dengan alat observasi dan misi yang bervariasi. Generasi kedua sedang dikembangkan untuk melengkapi kemampuan observasi dari apa yang sudah menjadi sistem observasi Bumi terbesar di dunia. Lebih dari 15 satelit Sentinel dijadwalkan akan diluncurkan selama tahun 2020-an.

Tak lama setelah peluncuran US Global Positioning System (GPS) pada tahun 1995, Uni Eropa mengidentifikasi kebutuhan untuk menyebarkan navigasi satelit global dan positioning system (GNSS) untuk mencapai kemandirian teknologi. Pada tahun 1999, Komisi Eropa menyetujui penciptaan GNSS Eropa bernama GALILEO, setelah astronom Italia Galileo Galilei, penemu satelit Jupiter.

Mengikuti jejak GPS dan GLONASS Rusia, GALILEO mulai beroperasi pada 2016. Hingga saat ini, 28 satelit Galileo-FOC telah diluncurkan dari Spaceport Eropa di Kourou, Guyana Prancis.

Sistem GALILEO menawarkan sistem yang lebih tepat, andal, dan aman daripada GPS, menurut Badan Antariksa Eropa. Di antara layanan yang ditawarkan oleh GALILEO, Layanan Regulasi Publik (PRS) menawarkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi kepada pengguna pemerintah terhadap gangguan seperti jamming dan spoofing. Berkat enkripsi dan sinyal yang lebih kuat, PRS memastikan kontinuitas layanan.

Sistem navigasi penting lainnya adalah European Geostationary Navigation Overlay Service (EGNOS) yang menawarkan peningkatan geolokasi dan akurasi waktu dibandingkan dengan GNSS yang ada, menggunakan jaringan stasiun bumi dan tiga satelit geostasioner. Layanan yang lebih presisi ini memungkinkan penggunaan kritis seperti meningkatkan keselamatan pendaratan pesawat dalam kondisi visibilitas yang sangat menurun.

Komunikasi yang Aman

Untuk menawarkan pemerintah Eropa akses ke jaringan komunikasi satelit komersial, Badan Antariksa Eropa ditugaskan dengan inisiatif baru yang disebut Komunikasi Satelit Pemerintah (GOVSATCOM). Dari peluncurannya pada tahun 2021 hingga 2025, platform ini akan mengandalkan pengumpulan satelit milik nasional yang tersedia. Tahap pertama akan mengidentifikasi kebutuhan pemerintah Uni Eropa. Jika kebutuhan akan kemampuan tambahan diidentifikasi selama fase implementasi, lebih banyak satelit milik UE dapat diluncurkan.

Sistem komunikasi, yang mencakup komunikasi audio dan video, akan tersedia bagi para penanggap bantuan kemanusiaan selama bencana alam atau operasi pencarian dan penyelamatan di daerah-daerah terpencil. Ini juga akan digunakan oleh militer dengan penggunaan mulai dari komunikasi yang aman dengan operator di lapangan hingga kontrol drone dan sensor onboard mereka.

Mengidentifikasi Ancaman

Dengan percepatan militerisasi ruang angkasa, infrastruktur kritis ini membutuhkan perlindungan lebih cepat daripada nanti. Pada 2017, Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis mengeluarkan protes resmi setelah satelit Rusia yang dikenal sebagai Olymp-K terlihat mengotak-atik satelit komunikasi militer Prancis-Italia Athena-Fidus.

"Apa yang secara klasik kita pahami dengan 'pertahanan' berkembang untuk mencakup semakin banyak domain lain, seperti dunia maya dan luar angkasa," Josep Borrell, Wakil Presiden Komisi Eropa, mengatakan dalam sebuah posting blog yang menyerukan pertahanan luar angkasa yang lebih aktif.


Korea Selatan Siapkan Pesawat Pengintai Tak Berawak Antisipasi Gerakan Provokatif

Sebelumnya

Inggris dan Jepang Tandatangani Kerjasama Antariksa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Technology