post image
Pesawat Sukhoi milik Belarusia/Net
KOMENTAR

Angkatan Udara Belarusia telah memiliki armada pesawat yang memiliki kemampuan membawa senjata nuklir. Hal ini diakui langsung oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

“Beberapa waktu lalu, saya dan Putin mengumumkan di St. Petersburg bahwa kami akan memodifikasi pesawat Su-24 Belarusia sehingga mereka dapat membawa senjata nuklir. Anda pikir kami baru saja menembak mulut kami? Semuanya sudah siap!” kata Lukashenko seprerti dikutip Ria Novosti pada 26 Agustus 2022.

Menurut AeroTime, sejauh ini belum jelas jelas pesawat mana yang dimaksud Lukashenko mampu membawa nuklir.

Angkatan Udara Belarusia mewarisi 35 pesawat serang Sukhoi Su-24 setelah runtuhnya Uni Soviet, namun, menurut media dan pejabat pertahanan negara itu, pesawat terakhir dipensiunkan pada tahun 2012.

Beberapa badan pesawat Su-24 disimpan di pangkalan udara Baranovichi. Setidaknya delapan dari mereka telah berada di area penyimpanan terbuka dan dapat dilihat di foto Google Maps dari area tersebut dari tahun 2020. Namun, foto ImageSat dari Maret 2022 menunjukkan area tersebut kosong, dan pada Juli 2022 satu Su-24 Belarusia ditemukan. difilmkan saat sedang diangkut jauh dari pangkalan udara dalam keadaan dibongkar.

Belum ada pengumuman resmi tentang membawa pesawat yang sudah pensiun itu kembali beroperasi.

Sementara itu, kantor berita negara Belarusia Belta tidak menyebutkan model spesifik dari pidato Lukashenko, melainkan mengutipnya sebagai "Pesawat Su Belarusia".

Sukhoi Su-24 awalnya dirancang dengan kemampuan untuk membawa bom nuklir taktis RN-28, yang secara resmi dipensiunkan oleh Angkatan Udara Soviet pada tahun 1990.

Pada 25 Juni 2022, dalam sebuah pertemuan di St. Petersburg, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia dapat memasok senjata nuklir ke Belarus sebagai tanggapan atas apa yang ia sebut sebagai kebijakan "agresif" oleh negara tetangga Lithuania dan Polandia.

Putin secara khusus menyebutkan bahwa Belarus dapat dipasok dengan rudal balistik Iskander dan bahwa pesawat serang Su-25 Belarusia dapat ditingkatkan untuk membawa senjata nuklir, meskipun ia tidak merinci model yang tepat dari senjata tersebut.

Namun, satu-satunya pesawat dalam inventaris Belarusia aktif yang secara teoritis mampu membawa senjata nuklir adalah jet tempur Sukhoi Su-30. Belarusia menerima empat di antaranya pada tahun 2020, dan sementara tidak ada Su-30 yang pernah memenuhi peran platform senjata nuklir, Su-30MKI dari Angkatan Udara India dilaporkan dimodifikasi untuk membawa rudal BrahMos berkemampuan nuklir.

Meskipun ada laporan bahwa pada tahun 1980-an salah satu prototipe Su-25 dimodifikasi untuk menguji pembawa bom nuklir – termasuk menambahkan perisai khusus untuk pilot dan modifikasi lainnya – tidak ada varian pesawat yang diproduksi secara massal yang dimaksudkan untuk digunakan. menyebarkan senjata semacam itu.

Menurut Flight Global World Air Forces Directory, Angkatan Udara Belarusia mengoperasikan lebih dari 60 pesawat Su-25K dan Su-25UBK.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga