post image
KOMENTAR

Angkatan Udara AS  (USAF) dan Angkatan Udara Inggris (RAF) secara memulai pembangunan infrastruktur baru bagi proyek F-35 Lightning II di Lakenheath.

Ini merupakan pangkalan permanen pertama bagi F-35 yang dibangun di Eropa. Pembangunan fasilitas ini diperkirakan menelan biaya sebesar 196 juta dolar AS, dan akan memiliki simulator terbang, unit perawatan serta hangar penyimpanan.

Direncanakan, pangkalan dapat dioperasikan pada akhir 2021 untuk menampung dua skuadron F-35.

AeroTime menyebutkan, kedua skuadron itu adalah bagian dari Sayap Terbang ke-48 Angkatan Udara AS di Eropa atau United States Air Forces in Europe-Air Forces Africa (USAFE-AFAFRICA).

Sejauh ini Sayap Terbang ini memiliki tiga skuadron F-15E dan F-15C/D juga dari pangkalan udara RAF Lakenheath.

Pangkalan Udara yang sedang dibangun ini juga akan menampung sekitar 1.200 tentara AS. Saat ini ada sekitar 9.900 tentara AS yang ditugaskan di Inggris Raya.

Lakenheath dipilih sebagai lokasi karena berdekatan dengan pangkalan RAF lainnya di Marham sekitar 40 kilometer. Hampir semua F-35 yang dimiliki RAF disiagakan di tempat itu.

Dalam 7 hingga 10 tahun mendatang, tak kurang dari 1 miliar dolar AS akan diinvestasikan Paman Sam di Inggris untuk mendukung operasional USAF.

Fasilitas serupa ini juga akan dibangun di Belgia, di pangkalan Flannes dan Kleine Brogel, pada tahun 2023.

Amerika Frustrasi Menghadapi Taliban

Sebelumnya

Miliki JDAM, TNI AU Memasuki Era Baru Teknologi Presentation

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga