post image
KOMENTAR

Ketegangan di udara Eropa kembali terjadi. Kali ini melibatkan Sukhoi Su-27 Flanker yang mengawal Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan pesawat EF-18 milik NATO yang sedang melakukan patroli di wilayah udara Baltik.

Dilaporkan oleh Business Insider bahwa NATO Baltic Air Policing (BAP) mengirimkan EF-18 milik Angkatan Udara Spanyol untuk memantau pergerakan rombongan Menteri Pertahanan Rusia itu.

EF-18 itu adalah satu dari lima pesawat sejenis yang ditugaskan ke Pangkalan Udara Siauliai di Lithuania untuk mendukung misi BAP.

Dilaporkan, EF-18 dikirim untuk memantau rombongan Rusia itu karena ingin mengkonfirmasi apakah benar Tupolev Tu-204 yang sedang dikawal Su-27 itu mengangkut Menteri Shoigu.

Sempat ada kecurigaan karena biasanya Menteri Shoigu menggunakan Tupolev Tu-154 dengan nomor registrasi RA-85686.

Pesawat EF-18 yang ditugaskan untuk memantau dipersenjatai dengan dua misil IRIS-T (Infra Red Imaging System Tail) dan dua AIM-120 AMRAAM (Air-to-Air Missiles).

Sementara Su-27 dipersenjatai dengan R-27 and R-73 AAM.

Menurut Zvesda, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dalam perjalanan pulang dari memantau kontes Sea International Landing Army International Games di Khmelevka.

Saat melihat EF-18 milik Spanyol dan NATO mendekat, Su-27 melakukan manuver menggertak dan menghalau.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga