post image
Serangan di Teluk Manda/Net
KOMENTAR

Amerika Serikat mengklaim telah membunuh pejabat senior kelompok pemberontak al-Shabaab dalam sebuah serangan udara.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh Yenisafak, AS mengonfirmasi dua orang teroris tewas dalam serangan udara pada Sabtu (22/2).

Dua orang tersebut dikatakan merupakan seorang pejabat kelompok pemberontal al-Shabaab yang terkait dengan serangan di Teluk Manda dan istrinya yang juga dikenal sebagai anggota kelompok tersebut. Serangan di Teluk Manda sendiri diketahui telah merengguh 3 nyawa orang Amerika.

"(Ia)bertanggung jawab atas perencanaan dan pengarahan operasi teroris di wilayah perbatasan Kenya, termasuk serangan baru-baru ini di Teluk Manda, dan istrinya, yang juga adalah anggota yang cerdas dan aktif," demikian keterangan tersebut.

Kendati begitu, tidak diketahui nama dari pejabat tersebut.

Komandan Komando Afrika-AS, Jenderal Angkatan Darat Stephen Townsend mengatakan dalam sebuah pernyataan, sejak 5 Januari, pihaknya memang sudah mengejar orang-orang yang bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan tiga warga Amerika dan melukai beberapa lainnya di pangkalan militer Kenya-AS.

"Serangan ini menunjukkan bahwa kita akan terus mengejar orang-orang yang bertanggung jawab atas Teluk Manda dan mereka yang ingin menyakiti orang Amerika dan mitra Afrika kita tanpa henti," tegas Townsend.

Townsend menambahkan al-Shabaab merupakan sebuah afiliasi kelompok teroris al-Qaeda. Dengan kata lain, al-Shabaab adalah musuh perdamaian, stabilitas, dan kebebasan yang jahat tanpa belas kasihan di Afrika Timur, serta mengancam cara hidup orang-orang di sana. Termasuk kepentingan AS di luar negeri.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga