post image
Foto: Reuters
KOMENTAR

Sebuah pesawat kargo Boeing 767 mendarat di Bandara Istanbul tanpa roda pendaratan depan.

Seorang pejabat Kementerian Transportasi Turki  mengatakan, tidak ada korban jiwa dan pihak berwenang telah melakukan penyelidikan, kantor berita Reuters melaporkan pada hari Rabu (8/5).

Sebuah video di media sosial memperlihatkan Boeing 767 milik FedEx Express menggunakan roda pendaratan belakang kemudian mencelupkan hidungnya dengan badan pesawat bagian depan.

Pesawat itu berada pada tahap terakhir penerbangannya dari Paris ke Istanbul ketika pilot menyadari roda pendaratan depan gagal dibuka, kata kantor berita pemerintah Anadolu.

Pesawat tersebut memberi tahu menara kendali di Istanbul bahwa roda pendaratannya gagal dibuka dan mendarat dengan panduan dari menara, sehingga tetap berada di landasan pacu, kata pernyataan kementerian.

Tim penyelamat dan pemadam kebakaran bandara dikerahkan sebelum mendarat, namun tidak ada laporan korban cedera.

Tidak jelas mengapa kegagalan itu terjadi.

Pesawat yang terlibat adalah pesawat kargo Boeing 767 yang berusia hampir 10 tahun, salah satu pesawat kargo paling umum dan didasarkan pada model penumpang 767 yang berasal dari tahun 1980an.

Seorang pejabat dari Kementerian Transportasi dan Infrastruktur Turki mengatakan timnya sedang melakukan pemeriksaan di tempat kejadian sebagai bagian dari penyelidikan lanjutan.

FedEx mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan otoritas investigasi dan akan “memberikan informasi tambahan jika tersedia”.

Landasan pacu ditutup sementara untuk lalu lintas udara, namun landasan pacu lain di bandara Istanbul masih beroperasi normal, kata operator bandara IGA.

Pabrikan biasanya tidak terlibat dalam pengoperasian atau pemeliharaan jet setelah memasuki layanan, namun Boeing berada di bawah pengawasan ketat media dan peraturan menyusul serangkaian insiden yang melibatkan 737 buatannya.


Pondok Cabe Jadi Tempat Peristirahatan Terakhir Cessna 172 Milik IFC

Sebelumnya

Kecelakaan Cessna 172 di Serpong Tewaskan Tiga Orang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews