post image
Pendataan calon penumpang di Checkpoint Bandara Soeta/Istimewa
KOMENTAR

Salah satu fokus Bandara Soekarno-Hatta saat ini adalah melayani penerbangan terbatas rute domestik untuk mendukung penanganan Covid-19.

Sejumlah prosedur diperbarui, termasuk yang diterapkan per 15 Mei 2020 guna memastikan proses keberangkatan penumpang rute domestik berjalan lancar.

Seperti diketahui, di tengah pembatasan penerbangan ini, calon penumpang pesawat yang diizinkan melakukan perjalanan adalah calon penumpang yang masuk kriteria pengecualian dan memenuhi dokumen yang dipersyaratkan sesuai surat edaran 04/2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Prosedur baru per 15 Mei ini guna membuat pemeriksaan syarat-syarat dokumen lebih fokus dan dilakukan oleh petugas dari berbagai unsur seperti maskapai, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan lain sebagainya guna memastikan calon penumpang pesawat memenuhi persyaratan atau tidak,” ujar President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/5).

Terdapat 4 checkpoint di dalam prosedur baru tersebut, yaitu checkpoint I untuk verifikasi dokumen perjalanan; checkpoint II pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan; checkpoint III validasi seluruh dokumen dan klirens dari KKP; dan checkpoint IV ketika penumpang check in.

Terhitung 15-18 Mei 2020, jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta tercatat 625 penerbangan terdiri dari penerbangan berjadwal rute internasional dan domestik, kargo, repatriasi WNI dan penerbangan khusus tidak berjadwal.

“Melalui prosedur baru, proses keberangkatan rute domestik berjalan lancar dan mengedepankan physical distancing. Pengawasan tetap dilakukan secara ketat,” jelas Muhammad Awaluddin.

PT Angkasa Pura II mengimbau agar setiap calon penumpang yang memproses keberangkatan selalu mengedepankan kedisiplinan ketika menjalani proses di 4 checkpoint. Penumpang juga diminta mempersiapkan berbagai dokumen yang dipersyaratkan sebelum ke bandara.


Seluruh Pembatasan Dibuka, China Siap Sambut Turis Asing

Sebelumnya

Staf Bandara Jerman Mogok Kerja, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Airport