post image
Fotro: defensehere.com
KOMENTAR

Julius C. Hassan, Drone Technology Enthusiast

KENDARAAN udara tempur tak berawak (UCAV) sayap terbang kecil buatan Turki telah mengudara. Penerbangan pertama dari Turkish Aircraft Industries (TAI) ANKA-3 MIUS (singkatan dari National Unmanned Combat Aerial Vehicle System dalam bahasa Turki) merupakan perkembangan yang signifikan, yang menempatkan Turki dalam kelompok eksklusif negara-negara yang telah menerbangkan pesawat tanpa awak di kelas ini.

Hari ini, 28 Desember 2023, penerbangan perdana ANKA-3 hari ini berlangsung selama satu jam 10 menit dan membuat drone ini mencapai ketinggian 8.000 kaki dan kecepatan 150 knot.

ANKA-3 bertenaga turbofan lepas landas pada pukul 8:38 pagi waktu setempat dan ditemani oleh pesawat latih turboprop TAI Hürkuş sebagai pesawat pengejar.

Acara ini merupakan peristiwa besar bagi Turki secara keseluruhan, yang tercermin dalam sebuah tweet dari Presiden Tayyip Erdogan untuk menandai peristiwa tersebut. Di X (sebelumnya Twitter), pemimpin Turki itu menulis:

"Pesawat tempur tak berawak ANKA-3, yang dikembangkan oleh TAI, berhasil
menyelesaikan penerbangan pertamanya hari ini. Semoga pesawat ini dapat memberikan kontribusi yang kuat bagi pertahanan negara kita dengan teknologi, desain, dan fitur-fiturnya yang canggih."

Meskipun sebelumnya kami telah melihat secara detail desain ANKA-3, media Turki sekarang melaporkan beberapa rincian tambahan tentang spesifikasi yang diproyeksikan dari drone ini, terkait dengan kemampuannya membawa senjata.

Kabarnya, masing-masing dari dua stasiun penyimpanan di badan pesawat akan mampu membawa 1.400 pon senjata. Dua stasiun sayap bagian dalam masing-masing juga akan mampu mengangkat 1.400 pon, sedangkan stasiun sayap luar masing-masing akan memiliki kapasitas 220 pon. Drone ini juga memiliki ruang senjata internal, yang akan diperlukan untuk mempertahankan fitur-fiturnya yang tidak dapat diamati.

Di antara senjata yang kini telah diumumkan untuk persenjataan drone tersebut termasuk bom terjun bebas seberat 500 pon buatan AS, Mk 82 (turunannya yang dipandu GPS) dan Bom Diameter Kecil (Small Diameter Bomb/SDB), serta SOM-J yang diproduksi secara lokal, sebuah rudal yang memiliki jarak tempuh setidaknya 170 mil.

ANKA-3 bukan apa-apa jika tidak ambisius, sesuai dengan negara yang juga mengembangkan pesawat tempur siluman berawak, yang juga akan melakukan penerbangan pertamanya dalam waktu dekat. Memang, sangat mungkin bahwa pesawat tempur TF-X dan ANKA-3 pada akhirnya akan bekerja sama, sebagai bagian dari pengaturan kerja sama awak/tanpa awak.

SSB Ukurannya sebanding dengan pesawat tempur ringan, karakteristik ANKA-3 yang mudah diamati dimaksudkan untuk membuatnya dapat bertahan dalam misi tempur termasuk serangan, pengawasan, penindasan dan penghancuran pertahanan udara musuh, dan perang elektronik.

Selain itu, Turki juga sedang mengembangkan drone Bayraktar Kizilelma yang
berkinerja lebih tinggi, yang digambarkan sebagai pesawat tempur tanpa awak pertama di negara ini dan sudah dalam tahap uji coba penerbangan.

Hal ini juga sangat menarik bahwa, sejauh apa yang diungkapkan secara resmi, Amerika Serikat tidak memiliki program UCAV sayap terbang dalam pengembangan aktif. Sementara itu, Cina (yang memiliki banyak) dan Rusia memiliki program tersebut.

Untuk Amerika Serikat, untuk saat ini, fokusnya tampaknya adalah pada pesawat kerja sama kolaboratif, dengan penekanan pada menghasilkan "massa yang terjangkau", serta jenis berkinerja lebih tinggi yang lebih dekat dengan etos Kizilelma daripada ANKA-3.

Hal ini terlepas dari pengembangan Angkatan Laut A.S. atas demonstrator UCAV yang dibawa oleh kapal induk X-47B, yang kemudian ditinggalkan, serta USAF yang menjadikan pengembangan UCAV sebagai pusat kekuatan tempur masa depannya pada akhir tahun 2000-an. Hasilnya adalah kesenjangan yang mengejutkan dalam hal UCAV sayap terbang, sesuatu yang dapat Anda baca lebih mendalam di sini.

Sementara itu, Turki tampaknya akan melanjutkan revolusi drone-nya, dengan ANKA-3 yang kini telah bergabung dengan Kizilelma dalam uji coba penerbangan. Selain berbagai drone yang sukses dan tidak terlalu ambisius, yang telah terbukti dalam pertempuran di berbagai medan, Turki juga sibuk mengembangkan pesawat latih jet canggih HÜRJET, sebuah desain supersonik yang juga dapat memberikan kemampuan pesawat tempur ringan.

Lalu ada pesawat tempur TF-X yang disebutkan di atas, mungkin yang paling ambisius dari semua proyek ini.

Setidaknya beberapa dari pesawat ini juga bisa sangat berguna dalam mengisi kesenjangan yang muncul dalam armada tempur Angkatan Udara Turki, dengan Ankara menghadapi penundaan untuk mendapatkan sejumlah pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat. Sebagai alternatif, Turki juga sedang mempertimbangkan untuk membeli sejumlah Eurofighter Typhoon, tetapi kesepakatan semacam itu telah ditentang oleh Jerman, seperti yang dapat Anda baca di sini.

Seberapa sukses ANKA-3, atau proyek pesawat tempur canggih Turki lainnya, masih merupakan dugaan. Masing-masing proyek memiliki sejumlah besar risiko bawaan dan kemungkinan besar akan ada beberapa rintangan besar di masa depan. Khususnya, pengembangan perangkat lunak, arsitektur jaringan, dan integrasi subsistem dapat menghadirkan tantangan besar.

Seberapa besar pengurangan kemampuan ANKA-3 pada akhirnya juga merupakan pertanyaan besar yang dapat berdampak besar pada penggunaannya dalam pertempuran yang sebenarnya.

Radar pencegat, radio, dan datalink dengan probabilitas rendah juga perlu dikembangkan agar sesuai dengan kemampuan fisik yang dapat diamati dengan baik yang dimilikinya saat ini dan yang berhasil diperolehnya di masa depan.

Arsitektur kontrol dan otonomi apa pun yang mungkin diperlukan adalah masalah kritis lainnya. Terlepas dari itu, penerbangan perdana ANKA-3 adalah simbol lain yang sangat terlihat dari ambisi pesawat tanpa awak Turki, serta kemajuan yang terus dibuat oleh industri kedirgantaraan domestiknya.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga