post image
Foto Simple Flying
KOMENTAR

Emirates baru-baru ini membeli empat Airbus A380 dari perusahaan investasi Guernsey, Doric Nimrod Air Three, dengan harga hampir 180 juta dolar AS, atau 45 juta dolar AS per pesawat. Keempat pesawat tersebut telah terbang dengan Emirates dengan status sewa sejak dibangun pada tahun 2013, dengan kontrak yang akan berakhir dalam beberapa bulan mendatang.

Maskapai ini telah membeli beberapa A380 sewaannya selama beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini, Emirates juga menunda tanggal pensiun A380-nya hingga sekitar tahun 2040.

Sesuai pengumuman Doric Nimrod Air Three yang berbasis di Guernsey, Emirates akan membayar £131,9 juta (178,1 juta dolar AS) untuk keempat pesawat tersebut, yang mencakup sekitar 25 juta dolar AS untuk pembelian hak kepemilikan dan 20 juta  dolar AS untuk pembelian kembali syarat pengembalian. Keempat pesawat tersebut telah berada di Emirates selama hampir 12 tahun, setelah bergabung dengan maskapai dengan status sewa dari Doric Nimrod Air Three, yang membeli pesawat langsung dari pabrik Airbus.

Setelah pengumuman tersebut, saham perusahaan investasi tersebut melonjak hampir 7 persen, dengan pembayaran dari Emirates diperkirakan akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2026. Dengan biaya akuisisi hampir 45 juta dolar AS per pesawat, angka ini sedikit melampaui ekspektasi pasar sekitar 42-43 juta dolar AS per pesawat.

Emirates saat ini menyewa keempat pesawat tersebut, dan kepemilikannya akan beralih kepada maskapai yang berbasis di Dubai tersebut setelah berakhirnya perjanjian sewa masing-masing. Untuk A6-EEK, A6-EEM, dan A6-EEO, masa sewa akan berlangsung antara 25 Agustus dan 14 November, sementara kepemilikan untuk A6-EEL akan dialihkan setelah badan pesawat tersebut menyelesaikan perawatan terjadwal. Menurut Doric Nimrod Air Three,

"Total imbalan agregat yang akan dibayarkan oleh Emirates kepada Perusahaan adalah £131,91 juta untuk keempat Aset (setara dengan total sekitar USD180 juta, yang terdiri dari, untuk setiap pesawat, 25 juta dolar AS untuk pembelian hak milik, dan 20 juta dolar AS untuk pembelian kembali syarat pengembalian)."

Keempat pesawat tersebut berusia lebih dari 12 tahun dan dikirimkan ke Emirates pada paruh kedua tahun 2013. Setiap pesawat memiliki konfigurasi yang sama dan dapat menampung hingga 489 penumpang di tiga kelas kabin - 14 di kelas utama, 76 di kelas bisnis, dan 399 di kelas ekonomi.

Data Ch-aviation menunjukkan bahwa setiap badan pesawat telah mengumpulkan antara 40.000 dan 43.000 jam terbang, dan antara 4.600 dan 5.200 siklus penerbangan, per Mei 2025.

Data Keempat Pesawat

MSN: 132
Registrasi: A6-EEK
Tanggal Pengiriman: 29 Agustus 2013
Konfigurasi: F14C76Y399

MSN: 133
Registrasi: A6-EEL
Tanggal Pengiriman: 27 November 2013
Konfigurasi: F14C76Y399

MSN: 134
Registrasi: A6-EEM
Tanggal Pengiriman: 14 November 2013
Konfigurasi: F14C76Y399

MSN: 136
Registrasi: A6-EEO
Tanggal Pengiriman: 29 Oktober 2013
Konfigurasi: F14C76Y399

Doric Nimrod Air Three adalah perusahaan tujuan khusus (SPV) yang didirikan oleh perusahaan manajemen aset Jerman, Doric GmbH, dan Nimrod Capital LLP yang berbasis di Inggris. SPV sebelumnya - Doric Nimrod Air One dan Doric Nimrod Air Two - juga didirikan untuk mengakuisisi pesawat Airbus A380 dan menyewakannya kepada Emirates. Tahun lalu, maskapai ini membeli lima Airbus A380 dari Doric Nimrod Air Two senilai $200 juta, menyusul pembelian dua A380 lainnya seharga $35 juta masing-masing dari entitas yang sama.

Menurut data dari ch-aviation, Emirates memiliki lebih dari 50% armada Airbus A380-nya, tetapi masih mengoperasikan banyak pesawat tingkat dengan perjanjian sewa. Sebanyak 54 unit A380-nya terdaftar dalam perjanjian sewa, dengan Emirates memegang kepemilikan lebih dari 60 unit.

Emirates adalah operator A380 terbesar di dunia dengan total 116 pesawat dalam armadanya, yang sebelumnya berjumlah 123. Jumlah ini mencakup hampir setengah dari seluruh Airbus A380 yang pernah dibuat, dengan Airbus memproduksi total 251 badan pesawat A380.

Jenis Pesawat: Airbus A350-900
Dalam Layanan: 8

Jenis Pesawat: Airbus A380
Dalam Layanan: 116

Jenis Pesawat: Boeing 777-200
Dalam Layanan: 10

Jenis Pesawat: Boeing 777-300ER
Dalam Layanan: 119

Maskapai ini tidak akan memensiunkan armada A380-nya dalam waktu dekat, meskipun maskapai besar lainnya telah mengurangi armada mereka. Bulan lalu, Emirates mengonfirmasi rencananya untuk tetap menerbangkan pesawat tersebut hingga tahun 2040, sehingga memundurkan jadwal pensiun sebelumnya yakni pertengahan tahun 2030-an.


Gambia: Proposal Damai Maroko Satu-satunya Solusi Sengketa Regional Sahara

Sebelumnya

Mengapa Raksasa Udara Ini Bisa Terbang?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews