post image
KOMENTAR

Sebanyak 48 veteran Perang Dunia Kedua ikut dalam penerbangan istimewa Delta Air ke Normandia, tanggal 2 Juni lalu, dalam rangka memperingati 80 tahun pendaaratan di Normandia atau D-Day.

Bagi Delta Air kegiatan ini adalah tradisi baru yang dimulai 2022.  

Penerbangan DL9994 yang menggunakan Boeing 767-300ER terbang dari Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta (ATL) menuju Bandara Deauville Saint Gatien (DOL) di Paris. Dari Paris ke 48 veteran Perang Dunia Kedua itu diangkut ke Normandia.

AviationPros seperti dikutip Simple Flying melaporkan bahwa seorang karyawan Delta, yang juga merupakan penduduk asli Normandia, yang mengusulkan gagasan mengoperasikan penerbangan langsung dari Atlanta ke Paris.

Para veteran disuguhi makanan kelas bisnis dan coklat batangan Hershey sebagai kenangan atas batangan Hershey yang diberikan kepada mereka selama Perang Dunia II.

Simple Flying telah menghubungi Delta Air Lines untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana perjalanan ini menjadi kenangan yang berkesan bagi para veteran. Setiap tanggapan yang diterima akan diperbarui ke dalam artikel ini.

Selain Delta, maskapai lain yang mengoperasikan penerbangan bagi para veteran untuk menghadiri acara khusus ini adalah American Airlines, yang tahun ini menerbangkan hampir 70 veteran Perang Dunia II. Maskapai ini merayakannya dengan penuh gaya dengan mengundang para veteran untuk bergabung dalam jamuan makan malam era 40-an dengan band besar di kantor pusat maskapai di Dallas, Texas.

Meskipun demikian, Departemen Transportasi AS (DoT AS) menyatakan bahwa beberapa maskapai penerbangan besar di negara tersebut tidak berbuat cukup untuk mendukung para veteran, militer, dan keluarga mereka dan baru-baru ini membuat dasbor di situs web mereka yang menampilkan maskapai penerbangan mana yang mendukung program Support Our Troops.
 
Penerbangan memang memainkan peran penting selama Perang Dunia Kedua dan berkontribusi terhadap keberhasilan kampanye D-Day, khususnya keterlibatan Angkatan Udara AS (USAF) dan Royal Air Force (RAF) Inggris.

Pesawat tempur Amerika seperti P-51D Mustang dan B-26 Marauder mempunyai kehadiran yang signifikan selama peristiwa penting perang ini, bersama dengan pesawat seperti RAF Supermarine Spitfire, Hawker Hurricane, dan Hawker Typhoon.

Faktanya, akhir tahun lalu, Skuadron D-Day juga telah merencanakan untuk menerbangkan Douglas DC-3 dari AS ke Eropa untuk memperingati 80 tahun Pendaratan Normandia dan 75 tahun Berlin Airlift, dengan rencana C- 47 bergabung dengan DC-3 setelah melintasi Eropa.


Kini Wings Air Hubungkan Sumba-Bali 3 Kali Sehari

Sebelumnya

‘Taiwan Cool’, Pesona dan Kejutan yang Tidak Ada Habisnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Destination