post image
Presiden Tsai Ing Wen berbicara di hadapan militer Taiwan./Net
KOMENTAR

Pemerintah Taiwan telah mengusulkan kenaikan anggaran pertahanan baru untuk tahun depan, sehingga totalnya mencapai 19 miliar dolar AS. Itu menjadi rekor tertinggi anggaran pertahanan yang dimiliki Taiwan selama ini.

Sejak tahun 2017, Taiwan telah meningkatkan anggaran pertahanan secara berturut-turut. Anggaran pertahanan yang diajukan untuk tahun depan mengalami peningkatan 13,9 persen dari tahun sebelumnya.

Anggaran terbaru ini termasuk 108,3 miliar dolar Taiwan untuk pembelian jet tempur dan peralatan lainnya, serta dana khusus untuk Kementerian Pertahanan.

Menurut Reuters, ini merupakan kenaikan anggaran tajam yang dilakukan oleh Taiwan, mengingat pertumbuhan ekonomi tahunan dari pulau tersebut di bawah 4 persen.

Menteri Departemen Statistik Chu Tzer-ming mengatakan peningkatan pengeluaran pertahanan terutama akan digunakan untuk biaya operasional.

"Kami selalu memberikan keselamatan dan keamanan nasional sebagai prioritas utama. Itu sebabnya (anggaran untuk) biaya operasional meningkat pesat," kata Chu.

Pengeluaran yang diusulkan itu menyumbang 14,6 persen dari total pengeluaran pemerintah untuk tahun depan dan merupakan segmen pengeluaran terbesar keempat, setelah kesejahteraan sosial dan pengeluaran gabungan untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya, serta pembangunan ekonomi.

Tahun lalu, Taiwan mengumumkan anggaran pertahanan tambahan sebesar 8,69 miliar dolar AS pada tahun 2026, yang melebihi pengeluaran militer tahunannya, sebagian besar untuk senjata angkatan laut, termasuk rudal dan kapal perang.


Bersih-bersih Kabinet Zelensky, Menteri Pertahanan Ukraina Alexey Reznikov Bakal Dicopot

Sebelumnya

Dua Jet Tempur Angkatan Udara India Jatuh Saat Latihan, Satu Pilot Tewas

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga